Monday, January 2, 2012

Sepeda Fixie : bukti kesederhanaan itu lebih menjual!


Mungkin ane nge-post tentang ini udah telat, tapi tak apa, mungkin anda-anda semua udah lupa, atau bahkan belum tahu, jadi kalau perlu, baca aja, jadi silahkan menyimak…
Sepeda Fixie :
                Bersepeda belakangan ini menjadi trend masyarakat, bebrapa penyebabnya mungkin karena kesadaran atas kebutuhan lingkungan, kebijakan car free day, dan keinginan berolahraga. Bersepeda kini juga bukan hanya olahraga tapi juga bisa untuk lifestyle atau “alat gaul-gaulan”, ya, semenjak anak muda mulai menyenangi kegiatan ini, bersepeda bukan hanya menjadi alat transportasi bagi orang tidak mampu, atau alat berolahraga, tetapi sudah berkembang sebagai alat ukur ke-eksisan, dan sebagai bukti bahwa cara berpikir masyarakat sudah mulai berubah, yakni mencari sesuatu yang lebih simple, untuk pergi ketempat yang diinginkan. Biasanya pemikiran ini dilontarkan oleh orang-orang kantoran di kota besar, ya kebiasaan macet telah membuat para pekerja berpikir ulang tentang transportasi mereka, dan pilihan mereka jatuh pada alat ini sepeda. Dari berbagai sepeda yang ada, yang paling happening saat ini, ya… apa lagi kalau bukan Fixie.
gear belakang
                Fixie, nama ini di ambil dari kalimat Fixed gear. Yang mana diambil dari gear belakang sepeda ini, yang dibuat menyatu dengan as roda belakangnya. Sehingga pedal dan roda belakang bisa saling mempengaruhi. Pada sepeda biasa, ketika anda melepas pedal pada saat sepeda melaju kencang, pedal belum tentu bergerak mengikuti roda belakang, karena gearnya tidak tersambung langsung pada roda belakang, tetapi pada fixie, karena gearnya yang menyatu dengan as roda belakang, maka ketika pedal dilepas pada  kondisi yang sama, pedalnya juga akan ikut bergerak sesuai dengan roda belakang. Bahkan karena gear yang seperti ini, membuat pengguna sepeda fixie dapat menggerakkan sepedanya kebelakang lewat pedalnya.
                Selain dari gear belakangnya, fixie kadang-kadang dilihat dari remnya. Pada fixie, sebenarnya tidak ada brake system, atau pengereman, tetapi untuk pemula sangat disarankan untuk menggunakan rem depan untu menjaga keselamatan. Sedangkan untuk pengereman sendiri dilakukan seperti pada sepeda torpedo (sepeda jadul itu lho…), dengan menarik pedal ke belakang, dengan begitu kita berusaha menahan laju roda dengan menghentikan laju pedal.
                Hal yang menarik lagi dari fixie, yang bisa membuat sepeda ini begitu di gandrungi, adalah warna-warna yang dibuat ngejreng, yang bisa dibuat sama pada setiap komponennya, dari ban rantai, terutama framenya, atau dibuat berbeda sesuai selera juga boleh. Saya rasa inilah alasan yang paling menonjol.
unyu banget ya.. :D


                Ke-simple-an dari sepeda fixie, selain dari tidak adanya kabel rem yang membuat ribet di bagian stang, dan hanya digunakannya satu gear, juga bisa ditemukan dari roda dan stangnya. Fixie, menggunakan roda tipis seperti roda balap, dan penggunaan stang lurus, semakin membuatnya seperti “sepeda biasa”, biasanya stang lurus yang pendek. Meskipun penampilannya yang seperti itu, ke-simple-an itu yang membuat ia semakin dicari, terutama oleh para pegawai kantoran yang sering terjebak macet, alasannya karena sepeda ini bisa melewati sela- sela kendaraan di saat macet pada jalanan kota-kota besar, sehingga bisa membuat mereka datang tepat waktu. Dengan segala ke-simple-an ini, membuat bobot sepeda ini lebih ringan , yakni hanya 11 kg
                Untuk mendapatkan sepeda ini hanya ada 2 cara, yakni membeli jadi , biasanya hal ini dilakukan oleh orang-orang yang tidak mau repot –repot untuk merakit, dan juga berdompet tebal tentunya, karena harganya yang bisa lebih mahal, untuk yang komponen seadanya harganya 1.5 juta IDR, untuk yang tipe lumayan harganya sekitar 2.5 juta IDR, dan untuk yang komponennya bagus harganya 3.5 juta IDR edangkan untuk yang bermerk harganya 4 juta IDR.
Yang kedua adalah dengan cara merakit sendiri, cara ini lebih menguntungkan, karena selain murah, kita dapat merakit sesuai dengan keinginan kita, jadi kita bisa menekspresikan kreatifitas kita. Selain itu dengan merakit sendiri, kita tidak harus membeli seluruh komponen, karena apabila kita memiliki sepeda lama, beberapa komponen dari sepeda itu masih bisa digunakan meskipun sepeda itu tidak sejenis. (harga dan cara pembelian dari www.terselubung.blogspot.com).
Itulah penjelasan singkat mengenai salah satu dari jenis sepeda yang ada, yakni sepeda fixie, sayangnya ane BELUM mampu untuk membelinya (bukan TIDAK lho ya, tolong dibedakan antara TIDAK dan BELUM) kalau ada yang ingin ngasih ke saya saya akan terima dengan senang hati.
Thanks and Regard from TS…

No comments:

Post a Comment