Monday, January 23, 2012

Shuffle Dance : The Dance Is Back!



“Everyday I’m Shuffling”….
               Pasti anda tidak aneh dengan lirik lagu itu. Ya itu adalah lirik lagu milik LMFAO yang berjudul “Party Rock Anthem”. Dalam lagu itu, ditunjukkan tarian unik yan gtampaknya mudah tapi sebenarnya
sangatlah sulit, bagi pemula khususnya. Ya namanya adalah Shuffle Dance, shuffle dance adalah sebuah tarian yang menitik beratkan pada pergerakan kaki dan tumit, yang digerakkan secara cepat. Sekilas tarian ini tampak seperti MoonWalk nya Alm Michael Jackson, tetapi ini berbeda, meskipun sama-sama “menyeret kaki”. Tetapi bedanya di shuffle tidak hanya menyeret kaki, tetapi juga mengacak atau menyilangkan kaki saat menari

Shuffler In action

Tarian ini lahir di Australia, tepatnya di Melbourne, pada 1980-an. Tepatnya di Melbourne Underground Scene. Tapi sempat menghilang dari peredaran, karena mungkin sudah dianggap terlalu tua pada saat itu. Dan akhirnya pada 2004 tarian ini kembali menyeruak di kalangan kaum muda Australia, dan pada 2006 datang ke Indonesia, akhir 2009 mulai ramai, dan akhirnya sekarang Shuffle sudah menjadi “trending topic” di Indonesia.
Dulu Shuffle hanya bisa ditemukan di club tapi setelah ramai  diperbincangkan, para shuffler kini tidak hanya nge-dance di club tetapi sudah merambah ke dunia umum, tapi menurut pakarnya sebenarnya dance ini lebih cocok untuk ngedance di club karena tujuannya untuk enjoying music bukan untuk dipamerin. Sekarang banyak event-event yang menampilkan Shuffle dance sebagai pengisi acara. Dan sekarang pun para shuffler juga sudah punya komunitas sendiri, kalau di Indonesia ada yang namanya Indo Rockers.
Pada shuffle ada 2 macam gerakan dasar yaitu running man dan T-step, untuk running man gerakannya layaknya seorang yang lari ditempat. Sedangkan untuk T-step gerakannya, adalah menari dengan kaki membentuk huruf T. Selain dari gerakan, hal yang menarik dari shuffle adalah style pakaian dari shuffler, terutama sepatunya, para shuffler sering menggunakan sepatu nyentrik yang didesain khusus agar mempermudah dance. Dan tahukah anda bahwa apabila anda melakukan shuffle selama 5 menit anda sama dengan telah melakukan treadmill selama 30 menit. Suatu hal positif dari hal yang tak terduga, dan hal yang tergolong baru, mungkin ini terpengaruh dari gerakannya yang ‘berlari-lari’.
Untuk ane sih, shuffle dance adalah suatu hal menarik yang bisa bernilai positif dan negative, tapi gimana kalau ada dance ini, setelah itu tari tradisional kita makin terpuruk, gimana menurut anda anda setuju atau tidak?
Thanks and regard from TS……
tambahan : ENJOY THIS! (officially from Youtube)
         

No comments:

Post a Comment