Thursday, February 16, 2012

Perusahaan/Pemilik KKB (Klub Kaya Baru) : “SupporterRoyal”



Bagi para pengamat sepak bola tentu tahu fenomena yang ada di sepak bola beberapa waktu yang lalu. Pembelian Klub-Klub oleh Investor/Perusahaan kaya yang selanjutnya memberikan modal besar-besaran untuk membentuk tim hebat sesingkat mungkin, untuk mendongkrak prestasi tim. Nah ketika tim tersebut on fire dan jadi kejutan, perusahaan inilah yang mengambil untungnya. Mulai dari keuntungan hasil penjualan merchandise klub dan penjualan tiket yang meningkat, serta naiknya minat sponsor untuk mendukung tim yang dimiliki perusahaan tersebut. Banyak atau sedikit, pasti ada yang masuk ke pendapatan perusahaan. Sangat cerdik! Dan untuk itu, disini akan ditampilkan beberapa Perusahaan atau pihak lainnya yang mengambil alih sebuah klub dengan dukungan kantong yang tebal.


Abu Dhabi Investment Group (ADUG)

Abu Dhabi Investment Group (ADUG)  merupakan perusahaan milik Sheikh Manshour bin Zayed An-Nahyan. Anda pasti sudah tahu siapa Shekh Manshour itu? Ya anda benar dia terkenal sebagai pemilik salah satu KKB terpopuler saat ini, Manchester City F.C . ADUG dibentuk pada musim panas 2008, dan menariknya pembentukan ini dilakukan ketika Sheikh Manshour berminat untuk membeli Manchester City. Jadi pada intinya, ADUG ini dibuat untuk meyakinkan bahwa mereka siap dan pantas untuk membeli sebuah klub.

Dibawah ADUG, Manchester City dirombak menjadi klub dengan sederet pemain bintang, ada Joe Hart, Vincent Kompany, David Silva, Sergio Aguero dan lain-lain. Ini semua berkat ke-Royal-an sang pemilik yang ‘baik hati’. Tercatat sejak kepemilikan diambil alih oleh ADUG pada 2008, Manchester City sudah mengeluarkan 323 juta Pounds untuk mendatangkan pemain-pemain dengan skill bintang lima. Dan hasilnya peringkat Manchester City terus membaik, mulai dari peringkat ke-10 dan mampu masuk perempat final UEFA Cup pada awal pembelian. Kemudian meningkat lagi pada musim panas pada 2009, mereka mampu mencapai peringkat 5 liga, tetapi tetap berkompetisi di UEFA Cup. Pada musim 2010-2011 Manchester City benar-benar mendapat taringnya kembali. Lewat kebijakan transfer yang diterapkan Sheikh Manshour dan pelatih Roberto Manchin, Manchester City langsung menyodok di peringkat 3 dan membuat Arsenal F.C mengikuti Champions League lewat Play-Off. Pada musim ini Manchester City juga memastikan gelar FA Cup, yang dimenangkan setelah megalahkan Stoke City 1-0. Dan sekarang meskipun gagal di Champions League, Manchester City sedang berjuang di babak 32 besar Europa League, dan berada di puncak klasemen EPL. Sungguh fantastis.

Qatar Investment Authority (QIA)

QIA logo

Qatar Investment Authority (QIA) adalah perusahaan yang spesialis dalam investasi luar negeri dan dan dalam negeri. Pada awalnya perusahaan ini dibentuk untuk mengurus keuntungan yang didapat dari bisnis minyak bumi oleh pemerintah Qatar pada 2005. QIA memiliki asset hingga $ 60 biliun dan diperkirakan akan naik setelah mengumunkan bahwa telah menyelesaikan proyek untuk menjadi pengekspor LNG ( Liquefied Natural Gas) terbesar, yang mampu mengekspor sampai 77 juta ton. Perusahaan ini dipimpin oleh Sheikh Hamad bin Jassem bin Jabr Al Thani.
QIA ternyata sudah sering dikaitkan dengan Klub-klub sepak bola, dan kebanyakan adalah klub-klub EPl. QIA pernah diisukan telah mendapatkan persetujuan atas pengambilalihan Everton F.C sebesar 200 juta Pounds, tetapi rumor itu ditolak pihak klub. Setelah itu QIA juga dirumorkan akan mengambil alih kuasa atas Manchester United dari keluarga Glazer dengan dana sebesar I,5 biliun Pounds. Tetapi Glazer menampiknya dan menyatakan bahwa MU tidak untuk dijual. Dan yang terbaru Aston Villa yang dirumorkan akan diambil alih oleh QIA, tetapi tidak ada jawaban yang jelas tentang itu.

Meskipun sering ditolak, QIA sebenarnya sudah mendapatkan satu klub sepak bola di Perancis, setelah membeli 70% asetnya, yakni PSG. Ditangan QIA PSG menjelma sebagai salah satu kekuatan baru di liga Perancis. Sekarang PSG berada di posisi puncak, dengan 50 poin, terpaut 1 poin dari peringkat ke 2, Monterpiller. Berkat QIA pula, PSG mampu melakukan pergerakan transfer yang aggressive, dijajaran direktur teknik ada Leonardo, mantan pelatih AC.Milan dan Inter Milan, di pelatih kepala ada Carlo Ancelloti, yang baru ditarik musim ini setelah dipecat Chelsea. Pada pemain, PSG mampu menarik Javier Pastore dari Palermo yang sebelumnya tidak pernah diduga akan disetujui dan diterima. Transfer ini sangat penting artinya bagi PSG karena dengan berhasilnya transfer ini mereka seperti mendeklarasikan bahwa telah muncul kekuatan baru di Eropa , khusunya Perancis.

Itulah beberapa perusahaan yang mampu mendongkrak prestasi klub miliknya dengan pasokan dana yang besar. Nampaknya sekarang sepak bola tidak lagi mementingkan kesenangan dan semangat bermain. Tetapi sudah beralih kea rah kepentingan pihak tertentu baik itu Kapital, atau Politik. Sugguh sangat disayangkan. Mudah-mudahan masih ada senyum di sepak bola pada zaman yang akan datang.

Thank’s and regard from TS                    

No comments:

Post a Comment